Menjadi Pemimpin Hebat

Pada tanggal 16 April 2018, 90 Kepala Sekolah SD dan SMP di Musi Banyuasin mengikuti School Leaders Conference dengan pembicara tamu Mr. Andrew Host dan Ms. Angela McCoy dari Margaret River Senior High School di Perth, Western Australia.

Dalam kegiatan ini, Andrew dan Angela berbagi pengalaman dan praktik baik mengenai manajemen sekolah dan bagaimana memaksimalkan kinerja staf dan guru yang bekerja bersama dengan kepala sekolah. Sesi plenary ini juga dilanjutkan dengan sesi panel yang membahas 4 sub topik utama mengenai kepemimpinan, komunikasi efektif serta promosi dan pemasaran sekolah.

“Ilmu manajemen membantu kita melakukan hal-hal agar berjalan dengan benar dan terstruktur, sementara Kepemimpinan membimbing kita untuk melakukan hal-hal yang benar.” (Peter Drucker)

4 Kepala Sekolah dan 13 orang tim manajemen dari SDN 1 Babat, SDN 1 Sungai Lilin, SMPN 1 Babat Toman dan SMPN 1 Sungai Lilin mengikuti serangkaian kegiatan Pelatihan Manajemen Sekolah 1 dan 2 pada bulan Maret 2018 lalu. Di Pelatihan Manajemen Sekolah 1, peserta melihat kembali visi misi serta tujuan sekolah, dan membuat perubahan jika diperlukan. Di Pelatihan Manajemen Sekolah 2, fasilitator membantu sekolah untuk menyusun program kerja sekolah.

Diharapkan di akhir kegiatan di Musi Banyuasin, Kepala Sekolah dan tim manajemen masing-masing mendapatkan inspirasi mengenai pengolahan manajamen sekolah dan bagaimana mengefektifkan sumber daya manusia yang ada di sekolah masing-masing. Sebab pada dasarnya, kesuksesan sekolah bukan karena Kepala Sekolah semata namun juga tim yang berada di belakangnya.

Ilmu manajemen membantu kita melakukan hal-hal agar berjalan dengan benar dan terstruktur, sementara Kepemimpinan membimbing kita untuk melakukan hal-hal yang benar. ~ Peter Ducker

Bagikan ke:

Subscribe Newsletter

Berlangganan berita terbaru, tips, dan kegiatan Putera Sampoerna Foundation