Tingkatkan Kualitas Pendidikan, PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia (Persero) Sasar 5 Wilayah Indonesia dalam Program Beasiswa Guru

Jakarta – Guna terus meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia, PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia (Persero) bersama Guru Binar, inisiasi dari Putera Sampoerna Foundation, selenggarakan Program Beasiswa Pelatihan Guru Daring.

Program ini menyasar 5 wilayah yaitu Provinsi Bali, Kota Malang, Kota Semarang, Kabupaten Maluku Tenggara, dan Kabupaten Pulau Murotai dengan total peserta yang mendaftar 735 guru mulai dari jenjang PAUD hingga SMA/SMK.

Program ini dibuka pada 13 Desember 2022 secara daring oleh Direktur Bisnis selaku Plt Direktur Utama PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia (persero) Andre Permana, Sekretaris Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan selaku Komisaris PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia (Persero) Mariatul Aini dan Head of Guru Binar Juliana.

Serta dihadiri juga oleh Kabid GTK Dinas Pendidikan Provinsi Bali Seputra Ariyadi, Kabid PTK Dinas Pendidikan Kota Malang Budi, Kasi Kurikulum SD Dinas Pendidikan Kabupaten Maluku Tenggara Rycardo Kalkoy, Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pulau Morotai Ujang Bagindo, dan Kabid Pembinaan GTK Dinas Pendidikan Kota Semarang Sri Rahayuningsih .

“Program ini kami laksanakan sebagai bentuk kontribusi terhadap kemajuan pendidikan Indonesia terutama dengan mengintegrasikan pemanfaatan teknologi pada pembelajarannya di era Kurikulum Merdeka” ucap Andre Permana (13/12/2022).

Rangkaian program akan dilaksanakan dalam kurun waktu 2 bulan hingga Februari 2023. Kelas pelatihan yang disediakan membahas mengenai Implementasi Kurikulum Merdeka diantaranya Pembelajaran Modul Ajar, Pembelajaran Berdiferensiasi, Analisa Capaian Pembelajaran dan Merancang Tujuan Pembelajaran, serta Pengembangan Alur Tujuan Pembelajaran.

Guna memperdalam pemahaman mengenai materi pelatihan, Guru Binar juga sediakan sesi Live Coaching secara sinkronus bersama fasilitator pengampu kelas. Pada sesi ini peserta akan berdiskusi secara intens dengan fasilitator serta mengonfirmasi praktik baik dan implementasi di kelas.

Juliana mengatakan “pelatihan yang kami terapkan dengan metode swapacu yaitu pelatihan secara mandiri serta tetap mendapatkan bimbingan langsung dari fasilitator. Karena kami para fasilitator berjanji akan membantu seluruh peserta pelatihan untuk mengimplementasikan materi yang ada di pelatihan ini”

Untuk memberikan apresiasi kepada peserta pelatihan, dipenghujung program ini akan dilaksanakan Inaugurasi Program yang rencananya akan diselenggarakan pada bulan Februari 2023.

“Saya mewakiliki 5 daerah terpilih ini mengucapkan terima kasih kepada PT. Penjaminan Infrastruktur Indonesia dan Putera Sampoerna Foundation telah memberikan program beasiswa ini kepada kami, tentu kami mendukung penuh terlaksananya program ini hingga usai nanti” kata Ujang Bagindo (13/12/2022).

Guru Binar merupakan sebuah platform pengembangan karir guru melalui pelatihan dan beragam pengembangan profesionalisme yang diinisiasi oleh Putera Sampoerna Foundation (PSF) sebagai respon terhadap pandemi Covid 19 dengan tujuan untuk meningkatkan akses pelatihan yang disesuaikan dengan kebutuhan.

Dengan diimplementasikannya program ini diharapkan mampu meningkatkan akses pelatihan guru berbagai jenjang di lima daerah Indonesia demi mewujudkan hasil belajar siswa yang lebih baik.

Bagikan ke:

Subscribe Newsletter

Berlangganan berita terbaru, tips, dan kegiatan Putera Sampoerna Foundation