SMPN 8 Singaraja Peringati Hari Guru Nasional melalui Rangkaian Webinar Diseminasi

Menyambut peringatan Hari Guru yang akan jatuh pada tanggal 25 November 2021 SMPN 8 Singaraja menggelar rangkaian Webinar Diseminasi yang diselenggarakan pada tanggal 1 sampai 6 November 2021. Kegiatan ini juga merupakan bentuk realisasi kegiatan diseminasi program Lighthouse School yang telah diimplementasi SMPN 8 Singaraja sejak tahun 2020 yaitu dalam berbagi praktik baik pada Pembelajaran Jarak Jauh yang efektif.

“Praktik baik yang telah dilakukan oleh pihak SMPN 8 Singaraja disampaikan dan dibagikan melalui kegiatan ini sehingga peserta bisa saling berdiskusi, serta mendapatkan ilmu yang harapannya dapat mereka implementasikan” ucap Made Astika, Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Kabupaten Buleleng (6/11).

Dengan menyeleraskan pada kearifan lokal, SMPN 8 Singaraja mengusung tema “Optimalisasi Kompetensi Guru di Masa Pandemi Melalui Widya Tula” yang memaknai semangat berbagi ilmu pengetahuan. Pada serangkaian webinar diseminasi ini terdapat 11 kelas pelatihan dengan jumlah jam pelatihan (JP) yang beragam mulai dari 3 JP hingga 32 JP yang dilakukan dengan pendekatan sinkronus dan asinkronus dengan topik – topik pelatihan seputar pembelajaran abad 21 yang mencakup alat bantu ajar dan model pembelajaran.

Tema pelatihan pada rangkaian webinar ini membahas seputar pembelajaran abad 21 seperti Kooperatif Learning pada Pembelajaran Jarak Jauh: Penerapan Think, Pair, Share dengan Media Interaktif Padlet, Pemanfaatan Graphic Organizer pada PJJ Interaktif, dan model pembelajaran lainnya.

Selama enam hari pelaksanaan kegiatan webinar diseminasi, terdapat 500 peserta yang hadir, terdiri dari guru jenjang Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kabupaten Buleleng dan sekitarnya.

Antusiasme para peserta juga terlihat dari banyaknya peserta yang bertanya bahkan saling berbagi pengalaman yang biasa dilakukan pada sekolahnya masing-masing sehingga hal ini juga menjadi pengalaman baru bagi peserta lainnya. Siti Aminah mengatakan “saya sangat senang untuk berpartisipasi pada acara ini yang ternyata bisa mendapatkan banyak pengalaman yang menjadi pembelajaran juga untuk saya”.

Lighthouse School merupakan suatu program peningkatan kualitas sekolah secara holistik dan intensif untuk mewujudkan sistem manajemen sekolah yang akuntabel, didukung oleh guru-guru berkualitas, terutama pada bidang STEM & Bahasa Inggris dengan menerapkan praktek terbaik pembelajaran internasional. Program ini bertujuan untuk membentuk sekolah model yang efektif dalam menciptakan lulusan yang berkualitas, yang mencapai/ melampaui Standar Nasional Pendidikan sehingga dapat menjadi referensi bagi sekolah lainnya.

“Pendampingan dari Putera Sampoerna Foundation ini sangat bermakna bagi kami, karena dulu kami tidak mengerti caranya dan akhirnya kami dilatih hingga semua merasa lebih baik sekarang” kata Ni Made Arisani, salah satu guru dari SMPN 8 Singaraja (2/11).

Dengan diselenggarakannya kegiatan ini diharapkan mampu meningkatkan pengetahuan dan pemahaman guru mengenai pengelolaan sekolah dan meningkatkan pengetahuan dan pemahaman terkait pembelajaran yang efektif di masa pandemi.

Bagikan ke:

Subscribe Newsletter

Berlangganan berita terbaru, tips, dan kegiatan Putera Sampoerna Foundation