Semangat Seorang Kepala Sekolah Baru menjadi Agen Perubahan

Guru berperan sangat penting sebagai pembentuk moral dan intelektual untuk generasi penerus di Indonesia. Maka penting juga untuk memberikan kebutuhan guru dalam berbagai aspek. Sayangnya, di Indonesia untuk memenuhi hal ini masih sulit. Masih banyak daerah di Indonesia yang tidak memiliki guru dengan kompetensi yang baik. Beberapa faktor yang mempengaruhi kualitas tenaga pendidik di Indonesia adalah manajemen sumber daya manusia dan semangat para guru untuk mengembangkan diri.

Indonesia butuh agen perubahan untuk menumbuhkan semangat para guru meningkatkan kualitasnya. Untungnya tidak sedikit pula guru di Indonesia yang memiliki keinginan untuk terus belajar.

Salah satunya Farida Musafaatin, kepala sekolah baru SDN 012 Sungai Kunjang, dengan semangat ingin terus belajar melalui beragam pelatihan yang tersedia. Perannya sebagai kepala sekolah baru ini juga yang membuat Farida ingin membuat para guru di sekolahnya memiliki inovasi dalam pembelajaran, “saya menyadari jika sekolah masih menggunakan metode pengajar yang lama, dan saya ingin guru-guru di sini sama seperti guru-guru di kota besar yaitu memiliki pengalaman belajar yang menyenangkan untuk siswa” tambahnya.

Tentunya perubahan ini membutuhkan proses. Para guru di sekolahnya tidak biasa mendapat supervisi oleh kepala sekolah sebelumnya sehingga para guru perlu lebih beradaptasi dengan supervisi baru ini.

Menyadari tentang hal ini, Farida memilih untuk mengikuti program Ekosistem Pendidik Profesional (EPP). Program ini merupakan kolaborasi Putera Sampoerna Foundation dan PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI) yang berkontribusi untuk para guru Indonesia khususnya di Kota Samarinda untuk memiliki tenaga pendidik yang berkualitas.

“Di EPP ini saya lihat materinya itu benar-benar yang kami butuhkan, dimulai dari pelatihan tentang Pembelajaran Aktif dan lainnya, kemudian cara menyampaikan juga sangat mudah dipahami dan sesuai dengan yang di lapangan kami butuhkan saat ini” ujar Farida.

Semua materi yang Ia dapatkan tentu Ia diseminasikan ke sekolah, hal ini memiliki tujuan untuk guru-guru di sekolah mendapatkan materi yang sama dengan apa yang telah Ia dapatkan melalui pelatihan EPP.

Pada akhirnya kualitas seorang guru juga didasari oleh semangat dan komitmen untuk mau berkembang. Sehingga saat ini, para guru di SDN 012 Sungai Kunjang kini sudah semakin siap berinovasi dengan beragam metode pembelajaran berkat dengan bimbingan Farida.

“Semua kebahagiaan siswa tergantung dari bagaimana cara guru mengajar, ini membuat saya terpacu untuk terus berkembang membawa guru-guru di sekolah menjadi lebih baik lagi” tutup Farida.

Bagikan ke:

Subscribe Newsletter

Berlangganan berita terbaru, tips, dan kegiatan Putera Sampoerna Foundation