Puncak Kegiatan Tahun Kedua Lighthouse School Program, SD Perdana Ketapang Laksanakan Perdana Fest

Ketapang – Sebagai puncak kegiatan dari tahun ke 2 Lighthouse School Program Merdeka, SD Perdana Ketapang sukses laksanakan Perdana Fest 2024 yang dilaksanakan pada tanggal 21 dan 22 Juni 2024 di SD Perdana Ketapang, Kalimantan Barat.

Kegiatan ini dihadiri oleh Pengawas Wilayah Kabupaten Manismata Fadlansyah, General Manager PT. Usaha Agro Indonesia-Sampoerna Agro, Fardomuan Aritonang, Perwakilan Ketua Yayasan Citra Perdana Medika, Muhammad Albar, dan Head of Program Implementation Putera Sampoerna Foundation, Agastya Yogiswara. Kegiatan ini juga dihadiri oleh hampir 100 orang tua.

“Saya baru pertama kali datang ke SD Perdana Ketapang dan saya kaget ternyata sekolah di tengah kebun sawit yang sulit diakses mempunyai siswa yang berbakat. Mereka sangat totalitas untuk memberikan penampilan yang terbaik kepada penonton di acara hari ini (21/06)” ucap Fadlansyah (21/06).

Rangkaian kegiatan yang dilaksanakan selama Perdana Fest 2024 yaitu penampilan para siswa SD Perdana Ketapang melalui After School Program (ASP), pameran hasil karya siswa berdasarkan Literasi dan Numerasi, dan seminar orang tua.

Terdapat 7 penampilan siswa yaitu 1 penampilan dari ASP Seni Musik yang menyanyikan lagu Lancang Kuning. Dilanjutkan dengan 3 penampilan jurus silat dari ASP Bela Diri Silat yaitu Jurus 1A, Seni Tunggal, dan Seni Ganda.  Lalu 3 penampilan dari ASP Pramuka dengan menampilkan LKBB, Smapore Dance, dan Vokal Grup Pramuka. Dan diakhiri dengan pertandingan oleh ASP Sepak Bola yang diikuti oleh SD Perdana Ketapang melawan SD 26 Manismata.

“Saya setiap tahun mengikuti kegiatan ini, dan di tahun ini banyak perubahan baiknya. Penampilan semakin berkembang, semakin bervariasi, dan senang rasanya saya turut menyaksikan perubahan ini” ucap Fardomuan Aritonang, General Manager PT Usaha Agro Indonesia-Sampoerna Agro.

Pada tanggal 21 Juni 2024, terdapat pameran hasil karya siswa yang ditampilkan oleh SD Perdana Sukamara dimulai oleh siswa kelas 1 hingga kelas 6. Pameran yang ditampilkan mengenai literasi numerasi yang sebelumnya sudah diimplementasikan oleh para guru selama periode pelatihan berlangsung.

Deni Arianto, Pj Kepala SD Perdana Ketapang menyampaikan jika selama proses pelatihan oleh Putera Sampoerna Foundation para guru juga langsung mengimplementasikan di kelas masing-masing, “hal ini kami lakukan karena kami ingin materi yang sudah diajarkan PSF terus kami ingat, dan siswa langsung merasakan dampak baiknya juga”.

Pada tanggal 22 Juni 2024, SD Perdana Ketapang kembali melanjutkan rangkaian acara Seminar Orang Tua dengan mengundang para orang tua murid dengan topik “Membangun Relasi Berkualitas Orang Tua dan Anak untuk Mendukung Tumbuh Kembang dan Pendidikan Anak di Sekolah”. Seminar orang tua ini bertujuan untuk memberikan pembekalan kepada orang tua dalam turut andil dalam perkembangan anaknya meskipun dalam keadaan sibuk bekerja.

“Kami berharap jika SD Perdana Ketapang semakin pro aktif lagi dalam mengembangkan sekolahnya sehingga semakin banyak orang juga yang tahu tentang SD Perdana Ketapang ini. Ini cikal bakal sekolah bagus, siswa yang bersemangat, guru yang kompeten dan kolaboratif” tutup Fadlansyah, Pengawas Daerah Kabupaten Manismata (21/06).

Bagikan ke:

Subscribe Newsletter

Berlangganan berita terbaru, tips, dan kegiatan Putera Sampoerna Foundation