Penandatangan Kerja Sama Pemkab Bantaeng dengan Putera Sampoerna Foundation

Kamis 30 Januari 2020, Pemerintah Kabupaten Bantaeng yang di wakili oleh Dr. H. Ilham Syah Azikin, MSi menandatangani Perjanjian Kerjasama dalam bidang pendidikan, hal ini merupakan komitmen Pemerintah Kabupaten Bantaeng dalam meningkatkan kualitas sumber daya unggul melalui pembangunan di bidang pendidikan.

Data yang dirilis Badan Akreditasi Nasional Sekolah Menengah di tahun 2018 memperlihatkan rendahnya (20,05%) jumlah sekolah “Akreditasi A” di wilayah Kabupaten Bantaeng. Meski begitu, dalam hal kompetensi guru, indeks rata-rata daerah ini mencapai angka 54.10 %, namun masih berada jauh dari indeks nasional.

Hal inilah yang kemudian mendukung terciptanya kerja sama antara Pemerintah Kabupaten Bantaeng dengan Putera Sampoerna Foundation School Development Outreach (PSF-SDO) dalam hal peningkatan kualitas pendidikan melalui Lighthouse School Program (LSP).

Menindaklanjuti dari Nota Kesepahaman No 041/PSF-LG/09/19 antara Pemerintah Kabupaten Bantaeng dengan Putera Sampoerna Foundation , hari ini secara resmi Perjanjian Kerjasama tersebut ditandatangani, Seremoni dilaksanakan di Kantor Bupati Bantaeng, dan dihadiri oleh Bupati Kab. Bantaeng Bapak Dr. H. Ilham Syah Azikin, MSi , Senior Direktur Putera Sampoerna Foundation Bapak Elan Merdy, Direktur PSF SDO Bapak Gusman Yahya, Kepala Dinas Pendidikan Bantaeng Drs. Muhammad Haris, M.Si

Lighthouse School Program merupakan program peningkatan kualitas sekolah secara internsif melalui pendekatan komprehensif dan kolaboratif untuk mewujudkan sistem manajemen sekolah yang akuntabel, yang didukung oleh guru-guru berkualitas, terutama pada bidang STEM & Bahasa Inggris dengan menerapkan praktik terbaik pembelajaran internasional.

Program Lighthouse School merupakan proses intervensi untuk mempersiapkan sekolah menjadi Lighthouse School. Program ini berfokus pada pengembangan professional guru, peningkatan kualitas manajemen sekolah, peningkatan kapasitas siswa, dan pemberdayaan komunitas sekolah.

Dinas Pendidikan Kab. Bantaeng dan PSF SDO akan bersama-sama akan memilih sekolah sasaran, saat ini sedang dalam proses penentuan sekolah .

“Lighthouse School Program (LSP) merupakan program peningkatan kualitas pendidikan yang diterapkan dalam 3 tahun ke depan, dan dipastikan dapat memberi manfaat bergulir bagi sekolah-sekolah dan komunitas yang ada di wilayah Bantaeng. Melalui partisipasi aktif dari berbagai kalangan, program ini diharapkan dapat membawa generasi muda Bantaeng menjadi siswa-siswa berprestasi di wilayah Sulawesi Selatan ,” ucap Dr. H. Ilham Syah Azikin, MSi , Bupati Bantaeng.

Selama periode Lighthouse School Program berlangsung, peserta program yang terdiri dari kepala sekolah dan guru-guru akan mendapatkan serangkaian pelatihan, coaching dan mentoring, serta pembinaan. Mereka mendapatkan kesempatan pengalaman pembelajaran internasional serta penerapan pembelajan efektif yang berfokus pada pendekatan pendidikan berbasis Science,

SIARAN PERS SIARAN PERS SIARAN PERS

Technology, Engineering dan Math (STEM) dan Bahasa Inggris. Hal tersebutlah yang menjadi kelebihan dari program ini, dan nantinya akan diterapkan oleh guru kepada siswa di sekolah. STEM merupakan sebuah pendekatan pendidikan yang tengah berkembang luas di dunia karena dianggap efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir siswa secara holistik.

Metode ini mendukung siswa untuk berpikir kritis dan kreatif dalam memecahkan permasalahan yang muncul di dalam pelajaran sekolah, ataupun dalam kehidupan sehari-hari.

Dalam kesempatan tersebut, Gusman Yahya,” Saya mewakili manajemen Putera Sampoerna Foundation mengucapkan terima kasih atas dukungan yang diberikan Pemerintah Kabupaten Bantaeng dalam peningkatan kualitas pendidikan melalui Lighthouse School Program.

Beliau menambahkan, “Dengan implementasi program di Kabupaten Bantaeng, kami menargetkan bahwa dalam kurun waktu 3 tahun, sekolah sasaran dapat menjadi sekolah rujukan karena prestasi dan kualitasnya yang baik. Para guru juga diharapkan dapat terus membagikan pengalaman belajar dan mengajar mereka kepada guru lainnya sehingga akan mempercepat proses peningkatan kualitas pendidikan di Kabupaten Bantaeng .”

Bagikan ke:

Subscribe Newsletter

Berlangganan berita terbaru, tips, dan kegiatan Putera Sampoerna Foundation