Learning Management System, Kelas Menjadi Lebih Asyik dan Seru saat PJJ

Diseminasi Online Pusat Belajar Guru (PBG) Musi Banyuasin telah usai dilaksanakan pada Selasa (27/10/2020). Acara diseminasi ini dibagi menjadi dua sesi, yaitu sesi pagi dan sesi siang. Setiap sesi dibagi juga menjadi tiga kelas dan setiap kelasnya didampingi oleh fasilitator Putera Sampoerna Foundation-School Development Outreach (PSF-SDO) dan perwakilan dari PBG Musi Banyuasin.

Setiap kelas diseminasi memiliki beberapa tema, salah satunya adalah “Kelas Seru dan Mengasyikkan dengan Google Classroom” yang dibawakan oleh fasilitator PSF SDO, Agastya, dan Guru Inti PBG Musi Banyuasin, Moresi Alfathonah.

“Terdapat dua hal yang penting bagi guru, yaitu membuat siswa tertarik dan berinteraksi” ujar Agastya.

Learning Management System merupakan sebuah perangkat lunak yang digunakan untuk memfasilitasi proses belajar mengajar, salah satunya adalah Google Classroom. Google Classroom merupakan ruang kelas daring persembahan Google untuk pendidikan. Menggunakan Google Classroom dinilai sangat efektif karena proses pembuatan kelas cepat, hemat pada efisiensi waktu, serta mampu meningkatkan kerjasama dan komunikasi.

Pada diseminasi ini, Moresi menjelaskan tentang Google Classroom serta cara menggunakannya. Sesi ini juga melibatkan para peserta webinar yang pada saat disseminator menjelaskan peserta webinar langsung mempraktekannya secara bersamaan. Moresi juga menjelaskan beberapa fitur – fitur menarik  dari Google Classroom seperti fasilitas untuk absensi, pembuatan tugas dan pengumpulan tugas siswa.

Selain kelas tersebut, terdapat kelas webinar lain yang sangat bermanfaat tidak hanya mengenai pemanfaatan media digital untuk pembalajaran tapi juga tema-tema menarik seperti Digital Storytelling for an Interactive English Learning dan Menjadi Guru yang Tetap Kreatif di Masa yang Sulit. (ZNP)

Bagikan ke:

Subscribe Newsletter

Berlangganan berita terbaru, tips, dan kegiatan Putera Sampoerna Foundation