Implementasi Pembelajaran dengan Metode Gamifikasi Dawn of Civilization, Solusi Belajar Siswa Era Kini

Di era pendididikan 4.0, kemampuan berbahasa asing terutama Bahasa Inggris menjadi kebutuhan utama dalam berbagai aspek. Namun nyatanya berdasarkan hasil survey Education First Standard English Test Indonesia masih menduduki posisi ke 5 dari 9 negara ASEAN lainnya. Hal ini mengakibatkan Indonesia masih menjadi negara yang kemampuan berbahasa Inggrisnya rendah.

Menanggapi hal ini, Putera Sampoerna Foundation berkolaborasi dengan Solve Education! melalui Lighthouse School Program mengimplementasikan pelatihan bahasa Inggris yaitu Gamification Dawn of Civilization yang berfokus kepada siswa dan guru di SMPN 8 Singaraja, Kabupaten Buleleng, Bali.

Pelatihan Gamification Dawn of Civilization (DoC) mendukung pembudayaan berlatih dan mencintai Bahasa Inggris kepada siswa melalui pembiasaan bermain dan mengerjakan soal-soal yang terdapat pada aplikasi Dawn of Civilization.

Pelatihan yang dilaksanakan pada bulan Juli hingga Agustus 2021 diikuti oleh 26 siswa ini telah memberikan dampak positif tidak hanya dari meningkatnya pembiasaan dalam berbahasa inggris tetapi juga  memberikan semangat dan warna baru pada pembelajaran mereka sehingga terciptanya kesan belajar yang menyenangkan bagi siswa.

“Kesan saya tentang pelatihan ini sangat seru dan menarik. Yang saya suka dari pelatihan yang menggunakan game ini adalah fitur game yang mengajak saya untuk belajar bahasa Inggris” ucap I Made Utama Widi Suputra, siswa SMPN 8 Singaraja.

Selain diikuti oleh siswa, pelatihan gamifikasi ini juga diikuti oleh para guru di SMPN 8 Singaraja. Melalui keikutsertaan guru dalam pelatihan ini, diharapkan nantinya dapat meningkatkan kemampuan literasi digital yang sangat dibutuhkan oleh para guru untuk terus berinovasi dalam menghadirkan suatu pembelajaran yang bermakna.

Memahami kebutuhan guru untuk memantau perkembangan belajar siswa, aplikasi DoC ini dilengkapi dengan report perjalanan belajar siswa yang nantinya dapat dimanfaatkan para guru dalam pemetaan kemampuan siswa.

Hasil laporan selama pelatihan, 80% siswa mengalami peningkatan dalam kemampuan berbahasa Inggris melalui 134 mini games di aplikasi DoC, dimana angka ini menunjukan juga bahwa pendekatan gamifikasi dinilai cocok untuk mengasah keterampilan siswa.

“Semoga pelatihan gamifikasi ini dapat bantu saya meningkatkan pembelajaran untuk siswa agar siswa lebih suka belajar bahasa Inggris” kata Desak Nyoman Saraswati, guru SMPN 8 Singaraja. (ZNP)

Bagikan ke:

Subscribe Newsletter

Berlangganan berita terbaru, tips, dan kegiatan Putera Sampoerna Foundation