Gelar Webinar Praktik Baik, Pusat Belajar Guru Musi Banyuasin

Salah satu komponen yang sangat menentukan suatu keberhasilan pada penyelenggaraan pendidikan adalah guru. Memahami pentingnya hal ini, Pusat Belajar Guru (PBG) Musi Banyuasin menyelenggarkan webinar praktik baik, salah satu rangkaian kegiatan dari National Teachers Professional Development (NTPD). Kegiatan ini merupakan kegiatan tahunan yang diadakan oleh PBG Musi Banyuasin dengan tujuan untuk memperkenalkan PBG Musi Banyuasin kepada lebih banyak komunitas di Musi Banyuasin dan sekitarnya.

Webinar Praktik Baik ini dilaksanakan pada tanggal 11 – 12 Oktober 2021 yang dibagi menjadi 2 sesi. Webinar ini terbuka untuk umum dengan narasumber yang berasal dari kalangan guru dan kepala sekolah di Musi Banyuasin dan sekitarnya, dan beberapa dari Pusat Belajar Guru dari wilayah lainnya di Indonesia yang telah diseleksi melalui “Call for Participation Berbagi Praktik Baik” yang dibuka sejak awal September 2021.

Materi yang disampaikan selama webinar ini yaitu para narasumber berbagi pengalaman praktik baik yang dilakukannya pada saat proses pembelajaran selama masa new normal. Tentunya praktik baik ini terbilang sukses dilakukan karena minat belajar siswa kian meningkat.

Salah satunya adalah Ahmad Zainudin, seorang guru dari SMP Islam Al Fahd yang menerapkan pembelajaran bilingual di sekolah tempat Ia mengajar. “Agar praktik baik ini tepat sasaran, saya selalu menerapkan komunikasi dan kolaborasi yang seimbang baik dengan guru maupun dengan siswa” ujarnya.

Namun praktik yang para narasumber lakukan tentu menemukan berbagai tantangan, salah satunya adalah siswa yang mudah jenuh. Mereka menyadari bahwa pendekatan kepada siswa harus diperbaiki dan melakukan suatu inovasi lainnya. “Dengan hal seperti ini, saya terus berpikir solusi terbaiknya seperti apa, dan akhirnya saya merasa bahwa siswa akan lebih nyaman jika melakukan hal yang mereka sukai, jadi permulaan saya lakukan memang sesuai yang siswa sukai dulu” tambah Meri Hartati, narasumber pada webinar Praktik Baik (11/10).

Webinar yang berlangsung 2 jam ini mendapat respon baik dari para peserta yang hadir, hal ini ditandai dengan para peserta yang aktif bertanya dan berdiskusi pada saat sesi interaktif. Netti, perserta webinar, mengatakan jika Ia sangat termotivasi dengan webinar ini karena membantu memberikan solusi pada permasalahan yang Ia temui ketika pembelajaran era new normal.

Pusat Belajar Guru (PBG) adalah organisasi pembelajaran mandiri yang sistematis dan terstruktur yang dikelola oleh guru-guru terpilih di bawah pengawasan pemerintah daerah. PBG berfungsi sebagai pusat yang mampu merencanakan, mengembangkan dan menginisiasi program-program yang dibutuhkan untuk memperkuat profesionalisme mereka dan membangun jaringan guru, sehingga menghasilkan guru yang kompeten akan mempengaruhi prestasi dan kualitas lulusan sekolah.

Dengan diadakannya kegiatan webinar praktik baik ini diharapkan tidak hanya memberikan kesempatan kepada para guru untuk memperkaya pengetahuan tapi juga memberikan kesempatan bagi para narasumber untuk berbagi dan menginspirasi guru-guru lainnya sehingga hal baik yang telah terjadi dapat juga diimplementasi diberbagai wilayah.

Bagikan ke:

Subscribe Newsletter

Berlangganan berita terbaru, tips, dan kegiatan Putera Sampoerna Foundation