Diseminasi Praktik Baik SD Perdana Ketapang, Ajak Guru Wilayah Ketapang Terapkan Pembelajaran Aktif dan Menyenangkan

Pada tanggal 24 Juni 2023, telah dilaksanakan Diseminasi Praktik Baik dengan topik “Berbagi Praktik Baik Implementasi Pembelajaran Aktif dan Menyenangkan Pada Kelas Merdeka”. Kegiatan ini merupakan kolaborasi antara PT Sampoerna Agro dengan Putera Sampoerna Foundation melalui inisasi Lighthouse School Program SD Perdana Ketapang.

Kegiatan diseminasi ini merupakan bagian dari upaya SD Perdana Ketapang dalam turut serta mengakselerasi pemerataan implementasi Kurikulum Merdeka. Diseminasi ini dihadiri oleh 91 guru di wilayah Ketapang dan sekitarnya.

“Kegiatan Diseminasi ini diharapkan dapat semakin memotivasi para guru untuk terus meningkatkan keingintahuan dan kemampuan terhadap metode pembelajaran di kelas sehingga secara terus menerus dapat menghasilkan siswa/i yang berprestasi dan membanggakan di Kabupaten Sukamara.

Bagi Sampoerna Agro, pendidikan merupakan landasan utama dalam mencetak generasi muda sebagai calon pemimpin di masa depan. Untuk itu, kami senantiasa mendukung upaya – upaya peningkatan akses dan kualitas pendidikan di Indonesia,” ujar Tulus Sihombing selaku General Manager PT Sampoerna Agro Sungai Rangit (20/09).

Rangkaian diseminasi turut dibawakan langsung oleh fasilitator yang merupakan para guru SD Perdana, Ketapang. Sebelum dilakukannya diseminasi, para guru dari SD Perdana, Ketapang, diberikan pembekalan melalui beragam pelatihan yang dilaksanakan oleh Putera Sampoerna Foundation-School Development Outreach melalui Lighthouse School Program.

Sekilas tentang Lighthouse School Program (LSP), LSP ditujukan untuk mendorong peningkatan kualitas sekolah secara intensif melalui pendekatan komprehensif dan kolaboratif untuk mewujudkan sistem manajemen yang akuntabel. Program ini mencakup kegiatan pengembangan profesional guru, kualitas manajemen sekolah, kapasitas siswa, dan pemberdayaan komunitas sekolah.

Program ini mendapatkan dukungan penuh dari baik dari Dinas Pendidikan Kabupaten Ketapang dan beberapa organisasi setempat seperti PGRI guna meningkatkan kualitas guru di Kabupaten Ketapang.

“Saya mengucapkan terima kasih banyak kepada PT Sampoerna Agro dan Putera Sampoerna Foundation yang telah membantu meningkatkan kualitas pendidik di wilayah Kabupaten Ketapang dengan beragam pendampingan dan pelatihan yang mampu membangun semangat serta memberikan motivasi kepada para guru untuk menjadi agent of change di Kabupaten Ketapang” ucap Uti Asmadi, Ketua PGRI Kabupaten Ketapang.

Dengan diselenggarakannya kegiatan ini diharapkan mampu meningkatkan pengetahuan dan pemahaman guru mengenai pengelolaan sekolah, meningkatkan pengetahuan dan pemahaman terkait pembelajaran yang efektif terutama pada implementasi Kurikulum Merdeka.

Bagikan ke:

Subscribe Newsletter

Berlangganan berita terbaru, tips, dan kegiatan Putera Sampoerna Foundation